Jumat, 04 April 2014

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Bagi Otak

Mengkonsumsi bukan hanya untuk bertahan hidup tetapi mengkonsumsi makanan juga untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. dalam mengkonsumsi makanan banyak hal yang perlu dipertimbangkan terutama dampak dari megkonsumsi makanan tersebut bagi tubuh. bila sembarangan mengkonsumsi makanan dapat menyebabkan timbulnya suatu gangguan pada tubuh yang dapat merugikan diri sendiri.

Ada makanan yang baik dikonsumsi bagi otak kita. otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Otak memiliki peranana untuk mengendalikan semua organ tubuh, Otak juga perupakan organ tubuh yang sangat rakus memakan energi. otak membutuhkan 50% energi dari semua kebutuhan tubuh. Otak yang kekurangan nutrisi sperti multivitamin, mineral, asam amino dapat berpengaruh terhadap daya maksimal otak.

Kebutuhan nutrisi sangatlah penting untuk dipenuhi. selain dengan menggunakan suplemen yang baik bagi otak, dengan mengkonsumsi makanan yang memenuhi segala kebutuhan nutrisi bagi otak juga baik untuk dilakukan. beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi otak adalah
  • Tiram
otak kesehatan  MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI BAGI OTAK
Tiram

Dengan percobaan yang telah dilakukan, menunjukkan bila tiram sangat bagus bagi otak manusia, dalam usia berapapun karena usia tidak berpengaruh. Tiram kaya akan zinc dan zat besi yang dapat membantu untuk menjaga ketajaman pikiran serta dapat meningkatkan kemampuan untuk mengingat informasi dengan mudah. kekurangan zinc dan zat besi dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan memori konsentrasi menjadi buruk, yang berdampak juga dengan penyakit lain pada tubuh.
  • Biji-bijian
otak kesehatan  MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI BAGI OTAK
Biji – Bijian

Banyak orang menggunakanbiji-bijian sebagai alternatif untuk melakukan program diet. tetapi banyak orang yanag belum mengerti mengenai biji-bijian yang memiliki fungsi yang sangat baik bagi otak. gandum, beras merah, dedak, barley dll, bila dikonsumsi maka dapat meningkatkan aliran darah menuju ke otak sehingga kualitas serta kuantitas fungsi otak akan maksimal.
  • Teh
otak kesehatan  MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI BAGI OTAK
Ilustrasi Segelas Teh
Pada umumnya orang akan lebih memilih kopi dibandingkan dengan teh, banyak yang belum mengetahui funsi dari teh. teh hitam serta teh hijau yang baru saja disedu memiliki manfaat yang sangat bagus bagi otak karena mengandung catechin.  catechin sangat bagus untuk menjaga ketajaman pikiran, segar serta membuat otak berfungsi dengan baik. selain menjaga kinerja otak, catechin juga dapat membuat pikiran menjadi rileks serta dapat membantu mengurangi  stress.
  • Telur
Dengan bertambah usia seseorang biasanya otak akan mulai menurun yang disebabkan sesuatu yang disebut terhentinya pertumbuhan otak (atrophy). kita dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi telur yang kaya akan vitamin B12 serta letisin. Vitamin B12 dapat membantu untuk melawan penyusutan otak, walaupun tidak baik bila mengkonsumsi telur secara berlebihan karena banyak mengandung lemak esensial. kuning telur yang tinggi kolesterol serta kolin yang juga penting bagi sel otak. kolin berfungsi untuk membantu meningkatkan daya ingat otak. dianjurkan untuk mengkonsumsi telur 1-2 /hari menjadi makanan yang baik bagi otak.
  • Kari
Mengkonsumsi makanan yang pedas juga dapat dijadikan alternatif untuk menjaga otak agar selalu segar. makanan dengan bahan utama bubuk kari, curcumin penuh dengan antioksidan yang dapat membantu untuk melawan penuaan pada otak serta dapat memelihara fungsi kognitif ketika usia yang semakin bertambah. antioksidan dapat berfungsi untuk membantu melawan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang terjadi didalam otak. yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan serta penyakit lainnya. kari juga baik untuk melawan penyakit jantung serta diabetes.
  • Buah berry serta sejenisnya
Bila tidak menyukai sayuran, buah dapat dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan otak. salah satunya adalah buah blueberry yang sudah terkenal dapat meningkatkan kemampuan motorik serta buah berry terbaik bagi otak. blueberry,blackberry, rasberry kaya akan antioksidan yang bagus untuk meningkatkan otak serta dapat membantu menurunkan efek penuaan pada otak.
  • Cokelat
Coklat salah satu makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. selain karena rasanya yang manis coklat juga mempunyai banyak manfaaat. antioksidan yang terkandung didalam coklat adalah antioksidan yang paling baik dibanding dengan antioksidan yang terkandung di dalam makanan atau buah yang lain. antioksidan yang ada didalam coklat yang disebut flavonol dapat membantu meningkatkan aliran darah menuju ke otak. sehingga baik bagi otak.
Mengkonsumsi ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi otak. ikan yang kaya dengan Omega-3 yang sangat baik bagi tubuh. mengkonsumsi ikan sekali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzeimer. asam lemak yang terkandung pada ikan dapat membantu fungsi otak. omega-3 dapat membantu otak untuk menyimpan serta mengingat informasi dari otak dalam jangka waktu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar